Da「Authentic Baccarat Game」mpak Benda Kelebihan Atau Kekurangan Elektron

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Baccarat open house

Ketika digosokkan, salaAuthentic Baccarat GaAuthentic Baccarat Gamemeh satu benda mengumpulkan elektron sehingga menjad negatif. Sementara benda yang satunya akan kehilangan elektron dan bermuatan positif. Misalnya kaAuthentic Baccarat Gameca yang digosokkan ke kain sutra akan bermuatan positif karena elektron kaca berpindah ke kain sutra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com – Elektron adalah subpartikel atom yang menyusun berbagai macam benda. Elektron megorbit inti atom dalam jalur-jalur yang menunjukkan tingkat energinya akibat ikatannya dengan inti atom. Elektron dalam orbit atau jalur terluar dapat telepas ikatannya dari inti atomnya.

Layar televisi bermuatan positif sehingga menarik partikel debu yang bermuatan negatif. Gaya tarik-menarik tersebut terus terjadi sehingga layar televisi selalalu berdebu bahkan setelah dibersihkan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, elektron adalah partikel subatomik stabil paling ringan degan muatan negatif sebesar 1,6002176634 x 10^19. Karena memiliki muatan negatif, kelebihan atau kekurangan elektron berdampak timbulnya muatan listrik pada suatu benda.

Baca juga: Partikel-Partikel Penyusun Atom: Proton, Elektron, Neutron

Berdasarkan situs Chemistry LibreTexts, atom tidak memiliki muatan dan netral secara listrik karena jumlah muatan positifnya sama dengan muatan negatifnya.

Kekurangan dan kelebihan elektron juga dapat terlihat pada televisi. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa layar televisi sangat sering berdebu bahkan jika dibersihkan setiap hari?

Jika benda kelebihan elektron, maka kelebihan elektron akan membuat muatan negatif atom lebih banyak dibanding muatan positifnya, sehingga benda tersebut bermuatan negatif.

Dampak benda yang kelebihan dan kekurangan dapat dilihat dalam fenomena sehari-hari yang disebut dengan muatan statis. Dilansir dari Live Science, salah satu penyebab muatan statis adalah kontak antara bahan padat yang digosok bersama.

Baca juga: Sejarah Penemuan Proton, Elektron, Neutron, dan Inti Atom

Adapun kekurangan elektron akan membuat muatan positifnya lebih banyak, menjadikan benda tersebut bermuatan positif.

Namun, jika orbit terluar masih belum terisi penuh, maka atom justru dapat mengikat elektron dari luar. Pengikatan dan pelepasan elektron di orbit terluar dapat mengakibatkan suatu benda kelebihan atau kekurangan elektron.

Perlu diingat, bahwa benda bermuatan berlawanan (positif dan negatif) akan saling tarik-menarik dan benda bermuatan sama (positif dan positif maupun negatif dan negatif) akan saling tolak-menolak.

Contoh lainnya adalah ketika balon digosokkan ke kain wol, elektron akan berpindah dari kain ke balon dan membuat balon bermuatan negatif. Balon kemudian akan menempel pada rambut ataupun dinding yang memiliki muatan positif.