8 Cara Membuat Selai N「Betting Handicap」anas yang Tidak Lembek untuk Isian Nastar Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Baccarat open house

Salah satu hal yanBBetting HandicapettBetting Handicaping Handicapg paling penting dalam proses memasak adalah terus mengaduk selai. Ketika parutan nanas dan gula pertama masuk ke dalam panci, langsung aduk perlahan agar gula benar-benar larut dengan parutan nanas.

Baca juga: Resep Nastar Teflon Anti Gagal, Cukup untuk 1 Stoples

“Kita kan masak gula sama nanas sampai kering. Biasanya ketika dingin gula itu akan jadi lebih keras dibanding saat panas,” papar Arief pada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Jangan tinggalkan proses pemasakan selai. Apalagi ketika selai sudah terlihat akan terkaramelisasi dan air mulai berkurang, kamu harus terus mengaduknya agar tidak gosong.

Jangan gunakan api yang terlalu besar. Cukup gunakan api sedang selama proses memasak. Jika selai mulai terlihat membentuk karamelisasi, baru kecilkan api. Dengan begitu selai tidak akan gosong, air akan benar-benar habis, dan hasil selai pun akan masak sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Terus aduk hingga selai terkaramelisasi. Selai yang berwarna coklat keemasan atau golden brown artinya sudah masak. Dinginkan selai lebih dulu, baru kemudian bentuk jadi bola-bola kecil untuk isian adonan nastar.

Selanjutnya, jangan tambahkan air. Menurut Disy, nanas sudah mengandung banyak air. Jika ditambahkan air lagi nantinya air akan mengurangi rasa nanas itu sendiri.

Ilustrasi proses membuat nastar. Selai nanas yang sudah dipulung dimasukkan ke adonan nastar.

Sementara Arief biasa menambahkan elemen asam untuk selai nanasnya. Biasanya ia menggunakan apple cider atau cuka apel secukupnya.

Biasanya ia menggunakan perbandingan gula 10 persen dari jumlah nanas. Sementara glukosanya sekitar tujuh sampai delapan persen dari jumlah nanas ketika masih mentah dan sudah dihaluskan.

Baca juga: Cara Potong Nanas Utuh Pakai Pisau Tajam, Pastikan Nanas Matang Dulu

Arief menambahkan glukosa pada selai nanas ketika selainya sudah masak, berwarna coklat dan sudah kering.

Trik rahasia lainnya yang dilakukan Arief juga adalah menggunakan glukosa. Glukosa bisa ditemukan dalam bentuk sirup kental yang punya rasa manis.

Salah satu alasannya karena Arief suka menggunakan nanas madu yang cenderung manis. Dengan menggunakan apple cider, maka hasil selainya akan lebih seimbang. Ada rasa manis dari nanas dan gula, serta asam dari cuka apel.

“Kadang selai itu kayak permen, terlalu keras. Tujuan glukosa ini agar selai masih bisa dibentuk tapi dia moist. Jadi ketika dibakar nanasnya tetap melt, enggak kering,” sambung dia.

Kurangi penggunaan gula agar ketika ditambahkan glukosa di akhir tidak membuat selai terlalu manis.